Gamelan Sasak Lombok, Susunan Gamelan Lombok & Fungsinya

Posting Komentar

Gamelan Sasak (Gamelan Lombok). Gamelan merupakan perangkat alat musik tradisional Indonesia yang paling terkenal dan mendunia. Tidak sedikit masyarakat internasional yang menyukai dan mempelajarinya. Bahkan, banyak universitas di luar negeri yang menjadikannya sebagai UKM dan mata kuliah.

Istilah gamelan lebih merujuk pada instrumen atau alatnya. Secara etimologi, istilah gamelan berasal dari kata di dalam bahasa Jawa yakni "gamel" yang berarti menabuh atau memukul, dan akhiran "an" yang menjadikannya kata benda. Jadi, gamelan bisa bermakna memukul atau menabuh benda-benda.

Di Indonesia sendiri, alat musik gamelan tersebar di berbagai daerah dengan menawarkan keunikan tersendiri. Selain Gamelan Jawa, Gamelan Sunda dan Gamelan Bali, ada juga beberapa gamelan lain, salah satunya adalah Gamelan Sasak yang merupakan alat musik tradisi bagi Suku Sasak di Pulau Lombok.

Fungsi dan Susunan Gamelan Sasak

Dalam budaya masyarakat Sasak, Gamelan Sasak atau Gamelan Lombok memiliki fungsi yang dinamis. Bisa untuk meramaikan acara begawe atau kenduri (selamatan), atau sebagai alat musik pengiring acara merarik (kawin) dan sunatan. Selain itu, juga sering mengiringi Presean dan pagelaran Wayang Sasak.

Gamelan merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Perangkat Gamelan Lombok terdiri dari 1 pemugah, 4 set saron, 2 set kantil, 2 set calung, 2 set jegog, 1 set reog, 1 kempul, 1 gong, 1 set rincik, 1 petuk, 1 seruling. Serta, 2 gendang, yakni gendang lanang dan wadon (laki-laki dan perempuan).

Dalam susunan Gamelan Lombok, pemunggah memiliki peranan penting untuk memberikan komando keseluruhan bunyi dan tata posisi pemusik. Sementara itu, saron dalam ensambel gamelan ini menjadi penyumbang 5 nada sedang dan 5 nada tinggi. Ada juga kantil yang menyajikan 5 nada tinggi dan 5 nada sangat tinggi.

Selebihnya, calung dan jegog difungsikan sebagai penyeimbang yang menghasilkan nada sedang dan nada rendah. kempul mengambil peranan sebagai nada sela, sebagai misal ketukan suara ke 4 kempul, 8 alat musik lain, 12 kempul lagi dan ke 16 gong. rincik memiliki fungsi untuk meramaikan dan saron sebagai melodi.

Referensi
  1. lombokbaratkab.go.id/gam...

Artikel Terkait

Posting Komentar